Putaran Dokter Muda, Gimana Rasanya?

Halo! 
Sekarang aku lagi stase ketiga sebagai dokter muda. Buat aku hari-hari dokter muda itu SERU MAKSIMAL. 

Sebelum ngalamin, banyak deh pikiran kayak gimana tidurnya pas jaga kok kuat sih? Serem ya pasti ujian lisan? Gimana belajarnya? Dan sebagainya. Well, waktu ngejalanin ternyata ada benernya juga pikiran itu, ada engganya juga. Haha. Ada masa-masa sleepless day, sleepless night, apalagi waktu jaga, ada yang ga sempet tidur, ada yang cuma setengah jam, bahkan ada masa-masa kaki buat berdiri aja udah sakit pas tengah-tengah jaga, well, ada masa-masa juga ketika jaga banyak tidurnya. Ternyata tergantung stase. Well, serunya adalah pas DM aku bisa belajar tindakan. Dari pas mahasiswa jarang ngelakuin, pas DM jadi sering ngelakuin. The condition pushed me, for sure.  Dan segimanapun rasanya dan pernah mau nangis pas jaga, aku seneng ngejalanin karena harga dari observasi dan tindakan adalah kondisi pasien. Ngeliat pasien lebih baik dan keluarga pasien senyum tuh senengnya ga cukup diungkapin dengan kata-kata.

I had the sleepless night for sure, yang besoknya aku bakal ngejalanin stase as usual, well, aku bisa, temen-temen aku bisa, mereka bisa, yang bakal ngejalanin putaran DM pasti juga bisa. Semangat buat pasien.

Ngomongin belajar pas DM, rasanya juga beda. Cobain aja. Singkatnya, apa yang semester 6 aku ga ngerti satu semester, pas putaran DM ini, bisa banget dimengerti, Is that magic? Hehe. Ya karena ngeliat pasien dan ngelakuin jadinya inget dan paham.


[fin.]

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top